Selasa, 29 Desember 2015

Aturan Sinus




MAKALAH

ATURAN SEGITIGA DALAM TRIGONOMETRI 
( ATURAN SINUS )

 


Dosen Pelaksana : Edy Wibowo, S.Pd
Kelompok 1 
Ayu Asriani Asri
Muh. Aprianto
Nursia Salade 


UNIVERSITAS TOMPOTIKA LUWUK

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

TAHUN AKADEMIK 2013/2014


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena penyertaan, bimbingan, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “ Aturan Segitiga Dalam Trigonometri ( Aturan Sinus ) “  sebagai mana adanya untuk memenuhi tugas yang diberikan.  Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dosen yang telah berjasa mencurahkan ilmu kepada penulis.
Kami  menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini saya menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
Kami  menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami  telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat diselesaikan  dengan baik dan oleh karenanya, dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka kami menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Luwuk, April 2014   
                                                                                           
Penulis

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pada umumnya, belajar matematika identik dengan menghafalkan rumus-rumus tertentu. Matematika sebagai media untuk melatih berpikir kritis, inovatif, kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masalah sedangkan bahasa sebagai media menyampaikan ide-ide dan gagasan yang ada dalam pikiran manusia. Jelas sekali bahwa Matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari Matematika, sekalipun kita mengambil jurusan ilmu sosial tetap saja ada pelajaran Matematika di dalamnya karena mau tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya penerapan rumus trigonometri. 
Ilmu yang mempelajari tentang matahari, bulan, bintang, dan planet-planet disebut Astronomi. Para ahli Astronomi memberi nama bintang dan membuat daftar sistematis dari semua bintang yang mereka lihat. Mereka melakukannya dengan menggunakan rumus trigonometri.
Trigonometri adalah ilmu tentang segitiga merupakan alat bantu praktis bagi para astronom dan navigasi. Para pengamat bintang atau pelaut, seringkali harus mengukur jarak dilangit atau dilaut. Dengan menggunakan trigonometri, pengukuran itu dapat dilakukan dengan menerapkan kaidah-kaidah dasar yang menghubungkan sudut dan sisi sebuah segitiga. Hubungan itu diantaranya sinus, kosinus, dan tangen. 
1.2 Rumusan Masalah
-  Apa yang dimaksud Aturan Sinus?
- Bagaimana Pembuktian Aturan sinus ?
1.3 Tujuan Penulisan
- Mengetahui Aturan Sinus dalam Trigonometri
- Mengetahui Pembuktian Aturan Sinus
 

BAB II

PEMBAHASAN


A.  Pengertian Aturan Sinus
Jika a, b, dan c masing – masing menyatakan panjang sisi segitiga sembarang ABC, maka berlaku rumus yang disebut “ Aturan Sinus “.
 




  B.  Pembuktian Aturan Sinus
          1. Pembuktian dari Rumus Luas Segitiga
     Perhatikan segitiga berikut
 
Menurut aturan luas segitiga di dapat :
LA 1/2bc. sin α … (1)
LB 1/2ac. sin β … (2)
LC =  1/2ab. sin γ … (3)
Persamaan (1) dan (2)
LA                    =      LB
1/2bc. sin α      =     1/2ac. sin β
b sin α              =     a sin β                masing" ruas dibagi sin α sin β  ..... (a)
Persamaan (1) dan (3)
LA                    =     LC
1/2bc. sin α      =    1/2ab. sin γ
c sin α              =     a sin γ                  masing" ruas dibagi sin α sin  γ . . . (b)
Dari (a) dan (b), maka:
 

 
2. Bukti II
 
Dalam segitiga AEC


            sin A       =   CE/AC

            sin A       =    CE/ b
            CE          =    b sin A                   . . . . . . . . . . . . . (1)

Dalam Segitiga BEC
sin B       =    CE/BC
sin B       =     CE/a
CE          =     a sin B                   . . . . . . . . . . . . . (2)


Dari (1) dan (2) ,  b sin A =  a sin B  (masing-masing ruas dibagi sin A sin B)
             b sin A / sin A sin B = a sin B / sin A sin

Maka,
 b / sin B = a / sin A    . . . . . . . . . . . . (3)


Perhatikan Segitiga ADB

sin A    =  BD / AB

sin A    =  BD /  c

BD       =  c  sin A                . . . . . . . . . . . . . (4)

Dalam Segitiga CDB

sin C    =  BD / AB 

sin C    =  BD / a

BD       =  a  sin C                  . . . . . . . . . . . . . (5)
Dari (4) dan (5), c sin A = a sin C (masing-masing ruas dibagi sin A sin C)
c sin A / sin A sin C = a sin C / sin A sin C
  Maka,
             c / sin C = a / sin A    . . . . . . . . . . . . (6)


Dari (3) dan (6) :
 

3. Bukti III


Pada gambar segitiga diatas Segitiga ABC lancip dan AD diameter lingkaran O yang berjari – jari r.
    ABC =    ADC  = B = 90'
Dalam segitiga ACD,   
sin B  = AC / AD   b / sin 2r
               2r      =  b / sin B     . . . . . . . . . . . . . . (1)
Dalam segitiga BAE       
sin  γ  = AB / BE   =  c / 2r
                        2r   =  c / sin   γ    . . . . . . . . . . . . . . (2)
Analog 2r  = a / sin a   (BAC = a )       . . . . . . . . . . . . . . (3)
Jadi, 
= 2r

 
 
Contoh Soal :
1. Dalam segitiga ABC, panjang sisi c = 35 cm,  A = 47' , dan   C  = 98' . Hitung panjang sisi a dan b!
Jawab :
        a / sin a    =  c / sin c    
                  a    =  c . sin a / sin c
                  a    =  35 . sin 47' / sin 98'    
                  a    =  35 . 0.73 / 0,99    
                  a    =  25,8 cm
  B = ( 180' - 47' + 98' )
         = 35'
      b / sin b    =  a / sin a    
                  b    =  a . sin b / sin a
                  a    =  25,8. sin 35' / sin 47'    
                  a    =  25,8 . 0.57 / 0,73    
                  a    =  20,14 cm
Jadi, panjang sisi a = 25,8 cm dan b = 20,14 cm.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa :
Jika a, b, dan c masing – masing menyatakan panjang sisi segitiga sembarang ABC, maka berlaku rumus yang disebut “ Aturan Sinus “.
 

 
 
 3. 2   Saran
Tanpa kita sadari ternyata begitu banyak manfaat dari aplikasi matematika untuk kehidupan sehari-hari. Baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan dalam berbagai disiplin ilmu yang lainya. Oleh karena itu penulis menyarankan agar kita lebih seius dalam mempelajari matematika dan jangan dijadikan matematika sebagai sesuatu yang menyeramkan untuk dipelajari karena matematika adalah bagian sangat dekat yang tak terpisahkan dari kehidupan kita.


DAFTAR PUSTAKA
Noormandiri,B.K. 2007. Matematika untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.
Wirodikromo, Sartono. 2007. Matematika untuk kelas X. Jakarta: Erlangga.

1 komentar: